Senin, 10 Mei 2010

berita islam terkini | Kasus Bom Times Square : Masjid di Pakistan Dituduh Sebagai Pusat Pengkaderan Faisal Shahzad .

Masjid Bat'ha adalah sebuah masjid yang berlokasi di tengah-tengah pemukiman penduduk di utara Karachi, Pakistan. Masjid tersebut baru-baru ini menjadi bahan perbincangan hangat karena diisukan sebagai tempat pengkaderan tersangka pengeboman di Times Square, Faisal Shahzad dan juga sebagai bekas pusat pelatihan kelompok perlawanan Islam. Menurut para pejabat keamanan setempat, masjid tersebut masih aktif berhubungan dengan para pemimpin Jaishu Muhammad (JEM), salah satu kelompok perlawanan Khasmir.
Salah seorang pengelola masjid Bat'ha mengatakan memang benar kalau masjidnya sering mendapat kunjungan para pemimpin Jaishu Muhammad, tapi kunjungan tersebut hanya sebatas untuk menghadiri salat jamaah saja. Ia membantah kalau masjid Bat'ha memiliki hubungan khusus dengan kelompok JEM.
JEM sendiri merupakan kelompok perlawanan Islam yang  dibentuk pada tahun 2000 dengan tujuan membebaskan Kashmir dari pendudukan India. Mereka pernah dituduh mendalangi sejumlah serangan terhadap sasaran sipil dan militer Pakistan.  Mereka juga dituduh sebagai dalang pembunuhan wartawan AS, Daniel Pearl.
Tapi dalam rutinitas sehari-hari, masjid Bat'ha hanyalah seperti masjid biasa yang tidak memiliki tanda-tanda mencurigakan. Setiap hari masjid tersebut selalu dikunjungi beberapa jamaah pada waktu salat fardhu dan selalu dipenuhi ratusan jamaah pada shalat Jumat.
Salah seorang jamaah salat, Tariq Ali, 21  mengatakan kalau ia tidak peduli dengan isu yang beredar mengenai masjid yang telah menjadi tempat ibadahnya selama bertahun-tahun tersebut. 
"Saya sama sekali tidak peduli. Saya telah beribadah di masjid ini selama beberapa tahun dan saya akan terus melakukannya. Tidak ada seorangpun di sini yang pernah meminta saya untuk pergi berjihad," tegas Ali.
Isu keterlibatan masjid Bat'ha sebagai pusat pelatihan kelompok perlawanan berawal dari penahanan seseorang bernama Mohammad Rehan yang diketahui sebagai  teman Faisal Shahzad. Ia ditahan Polisi saat akan meninggalkan masjid tersebut setelah selesai salat subuh pada hari Selasa lalu.

0 komentar:

Posting Komentar