Minggu, 16 Mei 2010

berita islm terkini | ElBaradei Kalahkan Popularitas Ratu Yordania.

Sejak muncul ke panggung politik Mesir, nama Mohammed El-Baradei--mantan ketua Badan Energi Atom Internasional (IAEA)--makin populer di dunia Arab. Tokoh yang pernah menerima penghargaan Noleh Perdamaian itu, bahkan menjadi tokoh politik paling populer di situs jejaring sosial Facebook, mengalahkan popularitas Ratu Yordania, Ratu Rania.
Halaman ElBaradei di Facebook sudah memiliki lebih dari 200.000 ribu penggemar sejak diluncurkan tiga bulan yang lalu. Jumlah penggemar itu lebih besar beberapa ribu dari penggemar Ratu Rania yang selama ini dianggap menjadi "trendsetter" di antara para pemimpin Arab lainnya yang juga berusaha membangun "citra" lewat situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Mengomentari popularitas ElBaradei di Facebook, pendiri dan editor ArabCrunch--media internet yang memberikan ulasan tentang teknologi dan dan jejaring sosial di dunia Arab--Gaith Saqer mengatakan, "Ada sekitar tiga juta warga Mesir di Facebook, mendapatkan dukungan 5 persen dukungan dari mereka merupakan jumlah yang signifikan."
"Kami tidak tahu apakah mereka yang menjadi penggemar di halaman Facebook ElBaradei adalah mereka yang mendukungnya, mereka mungkin cuma ingin melihat apa yang ada di halaman itu. Tapi juga, bukan tidak mungkin, mayoritas penggemar ElBaradei itu adalah pendukungnya, dan tentu saja komentar-komentar mereka di Facebook mendukung ide-ide El-Baradei," jelas Saqer.
Lebih lanjut ia mengatakan, "Halaman ElBaradei di Facebook menggunakan bahasa Arab dan bukan bahasa Inggris. Ia mungkin ingin merangkul kalangan masyarakat akar rumput di Mesir terkait isu-isu lokal."
"Sementara Ratu Rania, menggunakan bahasa Inggris di halaman situs jejaring sosialnya karena ingin menyentuh isu-isu lokal maupun global," papar Saqer.
Setelah mengakhiri masa tugasnya di IAEA, ElBaradei mulai terlibat dalam pangung perpolitikan di Mesir. Ia disebut-sebut sedang mempersiapkan diri untuk ikut bertarung dalam pemilu presiden di Mesir dan diperkirakan akan menjadi saingan utama Husni Mubarak, presiden Mesir yang berkuasa sekarang.
Kubu pendukung ElBaradei secara luas menggunakan situs jejaring sosial untuk menggalang dukungan rakyat Mesir, antara lain lewat jejaring sosial Facebook, Twitter dan Youtube. Jika penggemar ElBaradei di Facebook mencapai 200.000 ribua orang, penggemar Ratu Rania di Facebook cuma 198.000 orang. Begitu pula di Youtube, penggemar Ratu Rania hanya 27.000 orang, sementara ElBaradei mencapai 48.000 orang. Tapi, lain halnya di Twitter, penggemar El-Baradei baru 7.000 orang sedangkan Ratu Rania dalam waktu kurang dari setahun sudah memiliki fans sebanyak 1,2 juta orang di seluruh dunia. (reiannas.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar